Balap motor adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor.
Balap motor, khususnya road race, cukup populer di Indonesia. Hampir
tiap minggu di berbagai daerah di Indonesia even balap motor
diselenggarakan. Selain road race, balap motor jenis lain yang cukup
sering diadakan adalah motorcross, drag bike, grasstrack dan supersport.
Terdapat
beragam jenis olah raga yang menggunakan sarana motor balap. Federation
Internationale de Motorcyclisme (FIM) adalah badan Internasional yang
berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan-kegiatan olah raga balap
motor tersebut.
Jenis kejuaraan
RKarena banyak terdapat bermacam
jenis dan bentuk motor, maka terdapat pula bermacam jenis pelombaan dan
kejuaraan balap motor, antara lain:
Road Racing atau balap
jalanan dalam bentuk murni atau asal mulanya adalah balapan yang
dilombakan di jalan umum, seperti lintasan Isle of Man TT (Tourist
Trophy), Grand Prix Macau dan beberapa lintasan di Ireland. Karena
disebabkan oleh bahaya yang tak terlepaskan dari jalan raya seperti
jalur sempit, trotoar jalan, dan tembok-tembok, umumnya balap jalanan
sekarang dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibangun khusus.
Circuit
Racing atau balap sirkuit , yaitu dimana motor-motor balap yang
dirancang khusus atau motor-motor produksi masal yang dimodifikasi
bersaing satu dengan lainnya di sirkuit yang juga dirancang khusus.
MotoGP adalah contoh dari balapan kelas puncak yang melombakan motor
yang dirancang khusus untuk balap dan tidak dijual bebas, sementara
World Superbike adalah contoh balap yang melombakan motor produksi masal
dan dijual bebas namun dengan modifikasi sesuai ketentuan.
Classic Racing Balap klasik adalah dimana para peserta membalap dengan
menggunakan motor yang telah dimodifikasi secara besar-besaran dari era
awal – biasanya motor-motor sebelum pertengahan tahun 70-an.
Motokross dan sepupunya supercross di lombakan di lintasan berlumpur,
biasanya menampilkan motor yang melompat melewati jarak yang jauh.
Supermoto adalah gabungan antara balap jalanan dan motokross. Motor
yang digunakan umumnya adalah jenis motor motokross dengan ban motor
balap jalanan. Lintasan yang digunakan untuk perlombaan juga campuran
antara jalanan dan lintasan berlumpur atau tanah.
Speedway
dan speedway es adalah balapan yang diadakan di sirkuit berbentuk
lonjong (oval) dimana para pembalap berlomba dengan gaya khas speedway
yaitu mengepotkan (membelok dengan menggeser roda belakang) motor untuk
memudahkan melewati sirkuit yang hanya berbentuk oval tersebut.
Ketahanan motor (Enduro), dimana balapan di lombakan dalam jangka waktu
yang panjang, dan dengan lintasan alam, bahkan melewati daerah
terpencil. Reli Paris-Dakkar dan Six Day Endurance adalah contohnya.
Balap motor enduro atau Reli jenis lain yang berbasis pada pengumpulan
poin yang di raih pembalap dan tidak terfokus mutlak pada waktu tempuh
keseluruhan peserta. Reli-reli di lombakan dalam waktu beberapa hari dan
ribuan mil, dengan poin-poin bonus yang diberikan jika berhasil sampai
di tujuan dan tempat yang di perintahkan. The Iron Butt Association
adalah badan yang sering menyelenggarakan reli-reli semacam itu.
Trial Motor di mana peserta mengendarai motor yang dbentuk khusus
dengan berat yang ringan dan dengan suspensi yang fleksibel. Peserta
harus menaklukkan beragam rintangan buatan seperti kotak, ban, tong yang
bertumpuk dan rintangan-rintangan lain. Lomba juga dilakukan di
rintangan alam berupa batu-batuan. Peserta di haruskan melewati
rintangan-rintangan dengan kesalahan seminimal mungkin untuk menjadi
juara.
Drag Race motor (juga dikenal dengan sprints) dimana
dua peserta start di belakang sebuah garis star yang sama dengan tanda
star berupa lampu. Setelah lampu star menyala dua pembalap memacu
motornya melewati dua lintasan lurus sejauh seperempat mil, dimana waktu
tempuh mereka di catat dan di hitung. Pembalap dengan catatan waktu
paling singkat melewati garis finis adalah pemenangnya.
Hill
Climb adalah dimana seorang pembalap menaiki atau mencoba menaiki sebuah
bukit berlumpur atau tanah dengan motornya. Motor yang digunakan di
rancang khusus dengan lengan ayun (swing arm) yang panjang dan ban
khusus ala motokross. Pembalap yang mencapai titik tertinggi di bukit
atau tercepat menaiki bukit adalah pemenang.
Land Speed
dimana seorang pembalap tunggal memacu motor melewati sebuah lintasan
lurus sepanjang satu sampai tiga mil (biasanya dilakukan di permukaan
sebuah danau yang mengering) Pembalap tersebut harus berupaya untuk
membuat catatan waktu tercepat dan melewati catatan rekor pembalap
sebelumnya di kelas tersebut atau berdasar jenis motor yang dipakainya,
agar namanya tercatat dalam buku rekor.